Beberapa Istilah Penting Dalam Internet
Asyncronus
Bentuk komunikasi pembelajaran dua arah yang tidak dilakukan dalam wakltu dan tempat secara bersamaan sehingga memungkinkan peserta didik dapat mengatur sendiri waktu dan tempat belajarnya. Tidak terdapat kontak secara langsung antara guru/instruktur dengan siswa atau antar siswa.
Audioconference
Pertemuan dengan menggunakan alat bantu elektronik dimana peserta berada dilokasi yang berbeda dengan menggunakan peralatan audiokonfrence seperti telepon dll dengan melakukan komunikasi secara interaktif dalam waktu yang bersamaan
Browser
Piranti Lunak yang digunakan untuk menjelajah internet. Piranti lunak ini digunakan untuk memudahkan pengguna dalam menangkap informasi melalui konten situs di World Wide Web. Hal ini disebabkan oleh karena situs yang dikembangkan dalam bentuk bahasa HTML dikonversikan oleh program browser kedalam bentuk sesungguhnya.
Computer-assisted Instruction (CAI)
Pembelajaran interaktif melalui komputer, dimana guru (instruktur) memeberikan stimuli kepada siswa berupa pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa dimana umpan balik diperoleh melalui jawaban siswa.
Chat
Dua atau lebih individu yang terkoneksi lewat internet dan melakukan komunikasi melalui pengetikan pesan di perangkat elektronik yang dipakainya seperti komputer, lap-top maupun Handphone.
Computer-based Training (CBT)
Pembelajaran interaktif yang dilakukan melalui komputer sebagai alat bantu belajar dan lebih ditunjukan untuk pembelajaran yang bersifat pelatihan
Computer Conferencing
Komunikasi dengan teks melalui komputer yang berbeda lokasinya. Konferensi dapat dilakukan dalam waktu yang bersamaan (real-time) atau dalam bentuk asyncronus dimana sipenerima pesan membalasnya dalam waktu yang berbeda.
Distance Communication
Penggunaan teknologi telekomunikasi jarakjauh seperti pertemuan (meeting) atau wawancara jarak jauh.
Distance Education
Pendidikan jarak jauh yang mengacu pada pendistribusian sumber-sumber belajar kepada siswa yang dipisahkan oleh jarak. Yang pada mulanya m,etode ini dipakai oleh dosen yang mengajar keluar kampusnya.
Distance Learning
Sistem dan proses yang menghubungkan siswa dengan sumber-sumber belajar. Karakteristik metode ini ialah:
a. Antara instruktur/guru dan siswa dipisahkan baik oleh waktu maupun lokasi
b. Interaksi yang berlangsung antara instruktur/guru dan siswa dilakukan dengan bantuan berbagai media.
Domain
Nama untuk suatu host komputer. Nama ini mewakili alamat internet Protocol (IP)
Downloading
Prosedur mentransfer file dari komputer lain yang berjarak jauh kedalam komputer pengguna. Proses memasukan file dari situs yang berbeda di internet kedalam komputer penggunajuga dapat disebut sebagai proses download
Elektronik Mail
Sering kali disebut sebagai e-mail, yaitu surat yang dikirimkan melalui komputer yang terakses ke internet dan pengirimnya dapat diterima dalam waktu yang bersamaan atau dalam wamtu singkat. Surat elektronik ini juga dapat menyertakan fail-fail (Attachment) lain sebagai lampiran.
Gopher
Sistem yang berbasis menu untuk mengeksplorasi ansitus-situs dalam interne. Gopher ini merupakan keluaran awal sebelum muncul program pencari search engine
Hard Drive (Hard Disk)
Perangkat keras komputer tempat menyimpan data atau program-program perangkat lunak ang sifatny rigiddntdak utkdipid-pidahkan (non-remoavable). Akses melalui hard disk akan lebioh cepat daripada melalui floppy disk.
Hypertext
Teks didalam situs yang mempunyai kelebihan dapat tersambung dengan situs atau tersambung dengan situs lain. Bagian dokumen yang tertulis sebagai hypertext jika di klik oleh pengguna akan berpindah ke bagian dokumen lain.
Hypertext Markup Language (HTML)
Seperangkat perintah berupa bahasa “Program” yang digunakan untuk mengembangkan situs dan jika dibaca oleh piranti lunak browser akan memunculkan media berupa gambar, suara, atau teks sebagaimana yang terlihat dalam layar monitor. Situs dibangun melalui bahasa HTML yang kemudian dibaca oleh program browser dan dikonversikan kedalam bentuk sebagaimana terlihat melalui layar monitor.
Intructional Multimedia
Bentuk pembelajaran berbasiskan komputer yang menggabungkan berbagai macam media sebagai stimulus bagi siswa. Elemen-elemen yang termasuk didalamnya ialah suara, gambar animasi, grafik, video, dan teks digunakan sebagai pesan pembelajaran dengan target dapat dipahami lebih mudah oleh siswa.
Bentuk komunikasi pembelajaran dua arah yang tidak dilakukan dalam wakltu dan tempat secara bersamaan sehingga memungkinkan peserta didik dapat mengatur sendiri waktu dan tempat belajarnya. Tidak terdapat kontak secara langsung antara guru/instruktur dengan siswa atau antar siswa.
Audioconference
Pertemuan dengan menggunakan alat bantu elektronik dimana peserta berada dilokasi yang berbeda dengan menggunakan peralatan audiokonfrence seperti telepon dll dengan melakukan komunikasi secara interaktif dalam waktu yang bersamaan
Browser
Piranti Lunak yang digunakan untuk menjelajah internet. Piranti lunak ini digunakan untuk memudahkan pengguna dalam menangkap informasi melalui konten situs di World Wide Web. Hal ini disebabkan oleh karena situs yang dikembangkan dalam bentuk bahasa HTML dikonversikan oleh program browser kedalam bentuk sesungguhnya.
Computer-assisted Instruction (CAI)
Pembelajaran interaktif melalui komputer, dimana guru (instruktur) memeberikan stimuli kepada siswa berupa pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa dimana umpan balik diperoleh melalui jawaban siswa.
Chat
Dua atau lebih individu yang terkoneksi lewat internet dan melakukan komunikasi melalui pengetikan pesan di perangkat elektronik yang dipakainya seperti komputer, lap-top maupun Handphone.
Computer-based Training (CBT)
Pembelajaran interaktif yang dilakukan melalui komputer sebagai alat bantu belajar dan lebih ditunjukan untuk pembelajaran yang bersifat pelatihan
Computer Conferencing
Komunikasi dengan teks melalui komputer yang berbeda lokasinya. Konferensi dapat dilakukan dalam waktu yang bersamaan (real-time) atau dalam bentuk asyncronus dimana sipenerima pesan membalasnya dalam waktu yang berbeda.
Distance Communication
Penggunaan teknologi telekomunikasi jarakjauh seperti pertemuan (meeting) atau wawancara jarak jauh.
Distance Education
Pendidikan jarak jauh yang mengacu pada pendistribusian sumber-sumber belajar kepada siswa yang dipisahkan oleh jarak. Yang pada mulanya m,etode ini dipakai oleh dosen yang mengajar keluar kampusnya.
Distance Learning
Sistem dan proses yang menghubungkan siswa dengan sumber-sumber belajar. Karakteristik metode ini ialah:
a. Antara instruktur/guru dan siswa dipisahkan baik oleh waktu maupun lokasi
b. Interaksi yang berlangsung antara instruktur/guru dan siswa dilakukan dengan bantuan berbagai media.
Domain
Nama untuk suatu host komputer. Nama ini mewakili alamat internet Protocol (IP)
Downloading
Prosedur mentransfer file dari komputer lain yang berjarak jauh kedalam komputer pengguna. Proses memasukan file dari situs yang berbeda di internet kedalam komputer penggunajuga dapat disebut sebagai proses download
Elektronik Mail
Sering kali disebut sebagai e-mail, yaitu surat yang dikirimkan melalui komputer yang terakses ke internet dan pengirimnya dapat diterima dalam waktu yang bersamaan atau dalam wamtu singkat. Surat elektronik ini juga dapat menyertakan fail-fail (Attachment) lain sebagai lampiran.
Gopher
Sistem yang berbasis menu untuk mengeksplorasi ansitus-situs dalam interne. Gopher ini merupakan keluaran awal sebelum muncul program pencari search engine
Hard Drive (Hard Disk)
Perangkat keras komputer tempat menyimpan data atau program-program perangkat lunak ang sifatny rigiddntdak utkdipid-pidahkan (non-remoavable). Akses melalui hard disk akan lebioh cepat daripada melalui floppy disk.
Hypertext
Teks didalam situs yang mempunyai kelebihan dapat tersambung dengan situs atau tersambung dengan situs lain. Bagian dokumen yang tertulis sebagai hypertext jika di klik oleh pengguna akan berpindah ke bagian dokumen lain.
Hypertext Markup Language (HTML)
Seperangkat perintah berupa bahasa “Program” yang digunakan untuk mengembangkan situs dan jika dibaca oleh piranti lunak browser akan memunculkan media berupa gambar, suara, atau teks sebagaimana yang terlihat dalam layar monitor. Situs dibangun melalui bahasa HTML yang kemudian dibaca oleh program browser dan dikonversikan kedalam bentuk sebagaimana terlihat melalui layar monitor.
Intructional Multimedia
Bentuk pembelajaran berbasiskan komputer yang menggabungkan berbagai macam media sebagai stimulus bagi siswa. Elemen-elemen yang termasuk didalamnya ialah suara, gambar animasi, grafik, video, dan teks digunakan sebagai pesan pembelajaran dengan target dapat dipahami lebih mudah oleh siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar